{title}
   
 
  Beranda SKANESA
Info Utama
Artikel
Agenda
Buku Tamu
E-Mail Skanesa
Admin
 
 
   Link Penting
Kemendiknas
PPPPTK/VEDC Malang
ITS
Dikmenjur
Mojokertokota.go.id
Info Kerja Jatim
SMKN 2 MOJOKERTO
Statistik
     
User Online : 6
Visitor : 313911
IP anda : 54.80.157.133
Browser : unknown unknown
OS anda : unknown
   
Best Viewed with Internet Explorer 6, Mozilla Firefox 2 or latter at 1024 x 768 resolution
Untitled Document
 
 
LSP SMKN 1 MOJOKERTO
 
Menampilkan WhatsApp Image 2016-10-10 at 11.18.19.jpeg

 

Lembaga Sertifikasi Profesi adalah lembaga pelaksanaan kegiatan sertifikasi profesi yang memperoleh lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan melalui proses akreditasi oleh BNSP yang menyatakan bahwa LSP bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan sertifikasi profesi. Berdasarkan tingkat pengakuan (recognition), LSP terdiri dari 4 jenis: LSP Pihak Ketiga; LSP Pihak Kedua dan LSP Pihak Pertama dan LSP Profisiensi.

•       LSP Pihak Ketiga (Third Party) adalah LSP yang dibentuk oleh pihak pengguna tingkat nasional yaitu Asosiasi Industri dan  Asosiasi Profesi.

•       LSP Pihak Kedua (Second Party) adalah LSP yang dibentuk atas dasar hubungan kontraktual antara “Supplier” dan “User”.

•       LSP Pihak Pertama (First Party) adalah LSP yang dibentuk oleh Organisasi/Lembaga/Perusahaan.

•       LSP Profisiensi (Proficiency) didirikan oleh industri/organisasi dgn dukungan asosiasi profesi untuk memelihara kompetensi dalam rangka sertifikasi status profesi.

Fungsi dan Tugas LSP Sebagai sertifikator yang menyelenggarakan sertifikasi kompetensi. Tugas sebagai berikut : Membuat materi uji kompetensi. Menyediakan tenaga penguji (asesor). Melakukan asesmen. Menyusun kualifikasi dengan mengacu kepada KKNI. Menjaga kinerja asesor dan TUK. Membuat materi uji kompetensi. Pengembangan skema sertifikas Developer yang memelihara sekaligus mengembangkan standar kompetensi.

Untuk mengatisipasi perkembangan yang ada, yaitu dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) maka UPT SMK Negeri 1 Mojokerto memiliki kewajiban dalam mempersiapkan siswa atau lulusannya untuk mampu bersaing. Sertifikasi profesi adalah salah satu bentuk meningkatkan daya saing lulusan. Pembentukan LSP SMKN 1 Mojokerto adalah sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada siswa dalam memperoleh sertifikasi profesi.

Direncanakan pada tahun 2016 sudah terbentuk LSP SMKN 1 Mojokerto dan pada tahun 2017 direncanakan sudah dilakukan uji sertifikasi profesi-nya. Berdasarkan rapat pembentukan panitia kerja LSP SMKN 1 Mojokerto terpilih Bagiono, ST sebagai ketua LSP dibantu oleh KI Fakeh, S.ST sebagai sekretaris dan Moh. Khoiron, S.Kom, Sucoko, S.Pd, Wisnu Prambudi, S.Pd, Ulin Nuha, S.Pd dan Drs. Amir Subagyo sebagai anggota.

Copyright © 2011 - 2017 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Mojokerto
Isi Web oleh: SMK Negeri 1 Mojokerto
Desain dan Perawatan: ICT SMKN 1 KOTA MOJOKERTO